Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau biasa disingkat JNE adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman dan logistik yang berkantor pusat di Jakarta, Indonesia, dan memiliki cabang hampir disemua kota/kabupaten di seluruh Indonesia. Oleh karena itu kenapa JNE juga menjadi pilihan yang tepat untuk mengirim barang cepat dan aman. Dan jika anda sering berbelanja online JNE juga menjadi pilihan yang tepat, alasannya terletak pada prosesnya dimana kita bisa mengecek atau melacak kirian tersebut sudah sampai mana. Lalu dimana kita harus mengecek atau melacak kiriman tersebut sudah sampai mana? Kalau itu anda bisa mengeceknya di website resmi JNE, namun sebelum itu anda harus sudah mempunyai nomer resi JNE yang sudah diberikan kepada anda. Ok untuk tutorialnya bisa langsung di cek di bawah ini,
Cara melacak kiriman barang di JNE dengan nomor Resi
Seperti yang sudah saya sampaikan diatas, sebelum melacak barang dengan tutorial ini, terlebih dahulu anda sudah harus mengetahui nomer resi pengiriman barang anda. Jika belum, bisa anda tanyakan kepada pengirim barang anda, berikut tutorialnya.1. Pertama silahkan masuk ke web jne.co.id
2. Kemudian masukkan nomer resi kedalam kolom yang sudah disediakan (nomor resi pengiriman JNE biasanya terdiri dari minimal 13 digit, bisa dengan angka saja atau dengan campuran huruf).
3. Jika sudah klik "Tracking" lalu masukkan kode captca dan klik "Tracking" lagi.
4. Selanjutnya silahkan scroll kebawah dan anda akan melihat data mengenai informasi barang serta status barang anda.
5. Untuk penjelasan mengenai statusnya bisa dilihat dibawah ini.
- Manifest: Barang telah didaftarkan dan siap dikirim dari kantor JNE asal pengiriman.
- On-Process: Barang sedang dalam proses pengiriman/perjalanan ke alamat tujuan.
- On-Transit: Barang sedang transit di kota lain menuju kota tujuan.
- Received On Destination: Barang telah sampai di kantor JNE kota tujuan dan akan dikirim ke alamat yang dituju.
- Delivered: Barang telah sampai dan diterima di alamat yang dituju dan nama penerima barang telah dicatat.
- Criss Cross: Kondisi barang tertukar. Hubungi pihak jasa pengiriman, beri tau ciri pembungkus (jika tahu) dan detil alamat tujuan lebih lengkap lagi.
- Cnee Unknown: Nama penerima tidak dikenal saat dilakukan pengantaran ke alamat tujuan. Hubungi pihak jasa pengiriman bila barang belum diterima.
- AU to OPS: Barang yang sebelumnya tidak sampai ke tangan penerima telah diserahkan ke bagian Operasional JNE untuk dikirimkan kembali ke alamat tujuan yang lebih lengkap dan jelas.
- AU (Antar Ulang): Barang akan diantar ulang, karena tidak sempat terantar pada hari sebelumnya.
- Redelivery/RD: Barang telah diantar ulang ke alamat yang dituju.
- BA (Bad Address): Alamat tidak lengkap/jelas, kurang RT/RW, kelurahan, nomor rumah, gang, dan sebagainya. Hubungi pihak jasa pengiriman, beri tau patokan dan detil alamat tujuan lebih lengkap lagi.
- R (misroute): Salah antar, salah kirim, salah jalur, salah alamat. Hubungi pihak jasa pengiriman, beri tau ciri pembungkus (jika tahu) dan detil alamat tujuan lebih lengkap lagi.
- Closed Once Delivery Attempt: Kurir telah datang tetapi rumah atau alamat penerima sedang tutup/kosong. Barang bisa diambil di kantor jasa pengiriman terdekat jika telah gagal dikirim 3 kali. Hubungi pihak jasa pengiriman.
- TH (Not At Home?): Penerima tidak ada di rumah(sedang keluar). Barang bisa diambil di kantor jasa pengiriman terdekat jika telah gagal dikirim 3 kali. Hubungi pihak jasa pengiriman.
https://www.webs.icu