Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Cara Cepat Menghapus Postingan Blog dari Mesin Pencarian

Cara menghapus postingan blog dari search Google yang baik dan benar,- Sebuah artikel atau postingan adalah sebuah hal yang harus dimiliki oleh sebuah web atau blog, karena jika hanya mempunyai sebuah blog namun tidak ada postingannya, sama halnya mempunyai motor tapi tidak digunakan. Nah akhirnya blog tersebut hanya dijadikan pajangan saja dan tidak akan berjalan seperti semestinya, sebaliknya jika blog tersebut selalu diurus plus selalu rajin update artikel bisa dipastikan blog tersebut akan ramai pengunjung, namu hal tersebut juga harus didukung dengan kualitas artikel yang memadai.

Untuk sebagian blogger pastinya memiliki cara tersendiri dalam membuat sebuah artikel, untuk bahan materi artikel cukup banyak sekali, bisa tutorial, informasi terkini/menarik, dan lain-lain. Namun ada juga blogger yang hanya mementingkan kemudahan dalam mencari visitor, salah satunya adalah copy paste artikel blog lain. Hal tersebut memang mudah dan simple akan tetapi sangat tidak dianjurkan karena hal tersebut cukup merugikan pihak lain dan bisa-bisa berakibat juga pada blog kita sendiri. Salah satunya adalah terkena copyright atau hak cipta, pelanggaran copyright sangat banyak terjadi jika kita mencopy artikel orang lain tanpa seizin atau bisa juga karena memposting hal yang melanggar TOS google.

Jika pelanggaran tersebut tidak segera diatas, maka hal yang sangat mungkin terjadi adalah Blog kita akan di hapus khususnya untuk platform Blogger. Namun sebelum itu biasanya blogger terlebih dahulu akan memasukkan postingan kita yang terkena pelanggaran ke draf, di draf ini kita memiliki dua pilihan yakni mengedit artikel postingan yang melanggar hak cipta atau menghapus postingan tersebut. Jika kita masih saja mempublish artikel tersebut tanpa menyelesaikan masalah peanggaran, bisa saja akun blogger kita akan dihapus. Nah untuk cara amannya Anda bisa langsung menghapus artikel tersebut tanpa pikir panjang, agar terhindar dari penghapusan blog.

Nah masalah utamanya bukan di penghapusan artikel postingan tersebut, melainkan di mesin pencarian. Karena URL postingan tersebut masih ada di mesin pencarian dan jika di klik akan terdapat pesan 404 - Page Not Found atau halaman tidak ditemukan di blog anda. Walaupun begitu sebenarnya URL postingan yang ada mesin pencarian lama kelamaan akan hilang sendiri namun membutuhkan waktu yang lumayan panjang. Nah untuk itu cara terbaiknya adalah menghapus URL tersebut lewat Google Webmaster Tools, dengan cara ini postingan atau url yang berada di mesin pencarian terutama Google akan terhapus dalam kurun waktu beberapa jam hingga beberapa hari.

Jika sudah mengerti silahkan gunakan webmaster tools untuk menghapus URL postingan blog Anda agar terhapus bersih hingga di mesin pencarian. Dan untuk tutorialnya bisa dilihat dibawah ini.

Cara Menghapus Postingan Blog di Mesin Pencarian

Sebelum melakukan tutorial ini terlebih dahulu anda harus mendaftarkan blog Anda ke Google Webmaster Tools, karena untuk caranya memang dilakukan di halaman webmaster tools. Jika belum silahkan daftar dulu atau baca cara mendaftar blog ke Webmaster Tools.

1. Pertama Silakan copy dulu URL postingan yang ingin dihapus, karena nantinya akan digunakan di webmaster tools, setelah itu bisa langsung menghapus postingan tersebut di Blogger. namun Jika sudah terlanjur ke hapus, Anda bisa mencarinya di mesin pencarian lalu copy URLnya.


2. Kemudian silakan login ke Google Webmaster Tools lalu masuk ke menu Google Indeks dan pilih submenu Hapus URL. Jika sudah klik "Sembunyikan sementara" lalu masukkan URL postingan yang sudah dihapus sebelumnya dan klik Terus.


3. Selanjutnya untuk pengaturanya pada jenis permintaan silakan pilih "Sembunyikan laman dari hasil penelusuran dan hapus cache untuk sementara". Jika sudah kirim permintaan.


Catatan: Setelah melakukan cara tersebut permintaan penghapusan URL Anda akan segera di proses, dengan cara ini postingan yang ada di mesin pencarian akan hilang dalam 1 hari hingga 3 hari. Namun jika sudah lama dan URL postingan masih ada di mesin pencarian, Anda bisa mengajuka permintaan pengahapusan lagi.

Nah itulah cara terbaik dalam menghapus URL postingan hingga ke mesin penelusuran, demikian artikel yang dapat saya bagikan dan selamat mencoba.

Bukan seorang penulis

Post a Comment

© SEO ID
  • Terms of Use
  • Disclaimer
  • Privacy
  • Contact
  • About